10 Tips Membersihkan dan Merawat Lantai Kayu Jati Paling Ampuh!

Kayu Jati tidak hanya dijadikan sebagai dinding rumah ataupun furniture. Banyak pihak yang menjadikannya sebagai lantai. Karena lantai kayu jati dinilai memiliki kualitas terbaik dan memiliki umur panjang. Namun, adakah cara membersihkan dan merawatnya agar tetap dalam kualitas terbaik?

 

Tips Membersihkan dan Merawat Lantai Kayu Jati

Rupanya terdapat cara membersihkan dan merawat kayu jati yang dijadikan lantai agar dalam performa terbaik. Untuk mengetahuinya, jangan lewatkan informasi berikut ini.

  1. Buat Jadwal Perawatan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan penjadwalan perawatan. Perawatan perlu dilakukan secara berkala, artinya buat perawatan yang dapat dilakukan setiap minggu, bulanan hingga tahunan. Sehingga lantai tetap dalam kondisi terbaiknya.

  1. Jangan Seret Furniture di Lantai

Anda yang akan menaruhkan beragam furniture di atas lantai, penting untuk memperhatikannya. Karena kesalahan dalam pemindahan barang dapat berdampak pada lantai. Karenanya, disarankan untuk mengangkat furniture jika menggunakan lantai dengan kayu.

  1. Gunakan Bahan Alami Untuk Pembersihan

Berikutnya, anda harus melakukan pembersihan lantai secara berkala. Bahan yang digunakan bukanlah bahan-bahan kimia. Karena bahan kimia dapat merusak kayu jati dan akibat terburuknya adalah kayu tidak dapat digunakan dalam waktu lama.

  1. Permbaharuan Warna Lantai

Jika anda merasa warna lantai sudah tidak secerah biasanya, maka perawatan ekstra perlu dilakukan. Namun untuk melakukan perawatan ini, dibutuhkan bantuan dari tenaga kerja ahli. Jika hal ini terjadi, penting untuk menyiapkan dana lebih karena perawatan ini cukup mahal.

  1. Menghilangkan Noda Minyak dengan Baking Soda

Baking soda yang banyak digunakan untuk pembuatan kue, rupanya memiliki kegunaan lain. Diantaranya, untuk membersihkan lantai kayu jati yang terkena noda minyak. Caranya, cukup taburi pada lantai berminyak, setelahnya gunakan lap kering untuk membersihkannya.

  1. Teh: Redakan Masalah Debu Membandel Pada Lantai Kayu

Selain baking soda, anda juga dapat menggunakan teh untuk meredakan debu membandel. Debu membandel akan menimbulkan kesan kusam pada lantai kayu. Untuk meredakannya, cobalah menyeduh teh, diamkan beberapa lama dan akhirnya sapukan pada lantai yang kotor.

  1. Alas Pada Kaki Furniture

Masalah yang sering melanda pada penggunaan lantai kayu ini adalah goresan yang muncul karena furniture. Untuk meredakan masalah ini, disarankan untuk menggunakan alas pada kaki furniture. Biasanya alas yang digunakan berupa karpet untuk meminimalisir goresan.

  1. Gunakan Lap Kering

Jika terdapat noda pada bagian lantai, sangat direkomendasikan untuk membersihkannya dengan lap kering. Karena penggunaan lap basah dapat berdampak buruk pada lantai keramik. Sedangkan untuk pembersihan sehari-hari, anda dapat menggunakan sapu atau vacum cleaner.

  1. Hilangkan Coretan Tinta dengan Roti Gandum

Roti Gandum banyak digunakan untuk anda yang mengalami masalah tinta pada lantai kayu. Caranya mudah, cukup gunakan roti gandum dan bersihkan lantai menggunakan lap kering. Untuk informasi lebih lanjut, cobalah mencari di berbagai media.

  1. Air Lemon Untuk Hilangkan Bakteri

Bakteri mungkin saja muncul di berbagai tempat, termasuk lantai kayu. Karenanya penting digunakan air lemon pada lantai kayu tersebut. Jika anda belum mengetahui caranya, cobalah membuat air lemon sendiri dan oleskan dengan lap kering pada seluruh lantai kayu.

Sepuluh tips perawatan ini cukup mudah untuk dijalankan, jadi jangan malas untuk menjalankannya. Karena dengan menjalankannya lantai kayu jati dapat terpelihara dengan baik. Sehingga dapat digunakan dalam waktu panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *